No
|
Materi
|
1.
|
PENGANTAR METODOLOGI STUDI ISLAM
a. Pengertian Paradigma, Pendekatan, Metodologi dan Metode b. Arti dan Lingkup Studi Islam c. Urgensi Mempelajari Metodologi Studi Islam d. Aspek-aspek Sasaran Studi Islam e. Pertumbuhan Studi Islam Dulu dan Sekarang |
2.
|
ISLAM DAN
STUDI AGAMA
a. Pengertian Islam b. Universalisme Islam c. Dimensi Baru dari Kedatangan Islam d. Islam Sebagai Jalan Tengah e. Agama dan Peradaban Manusia f. Islam Menyatukan Bangsa-Bangsa Dunia |
3.
|
URGENSI
DAN TUJUAN STUDI ISLAM
a. Pengertian Studi Islam b. Urgensi Studi Islam dalam Kehidupan c. Tujuan Studi Islam d. Rasa Ingin Tahu Manusia (Human Quest for Knowledge) e. Doktrin Kepercayaan Agama |
4.
|
STUDI
KAWASAN ISLAM
a. Arti dan Asal-Usul Studi Kawasan Islam b. Orientalisme: Melihat Islam Kritis c. Oksidentalisme: Menjawab Islam Sejati d. Dunia Islam sebagai Objek Studi Antara Timur dan Barat e. Problem dan Prospek Pendekatan Studi Kawasan |
5.
|
BEBERAPA PENDEKATAN STUDI ISLAM
a. Pendekatan Teologis b. Pendekatan Antropologis c. Pendekatan Sosiologis d. Pendekatan Filosofis e. Pendekatan Historis f. Pendekatan Kebudayaan g. Pendekatan Psikologis h. Pendekatan Interdisipliner |
6.
|
MANUSIA DAN KEBUTUHAN DOKTRIN AGAMA
a. Definisi Agama b. Agama dan Perkembangannya c. Kebutuhan Manusia Terhadap Agama d. Fungsi Agama dalam Kehidupan e. Rasa Ingin Tahu Manusia (Human Quest for Knowledge) |
7.
|
RUANG
LINGKUP STUDI ISLAM
a. Bidang Agama b. Bidang Ibadah c. Bidang Akidah d. Bidang Ilmu dan Kebudayaan e. Bidang Pendidikan f. Bidang Sosial g. Bidang Kehidupan Ekonomi h. Bidang Kesehatan i. Bidang Politik j. Bidang Profesi |
8.
|
ISLAM
SEBAGAI SUMBER AJARAN
a. Otensitas Ajaran Islam b. Karakteristik Ajaran Islam c. Dimensi Ajaran Islam d. Memahami Ajaran Islam dalam Struktur Islam, Iman dan Ihsan e. Munculnya Aliran Pemikiran Islam |
9.
|
SUMBER DAN KARAKTERISTIK AJARAN ISLAM
a. Sumber Ajaran Islam: Primer dan Sekunder b. Sifat Dasar Ajaran Islam c. Karakter Islam: Antara Normativitas dan Historisitas d. Moralitas Islam: Ibadah, Pendidikan, Ilmu dan Sosial e. Islam dan Wacana Pembaharuan |
10.
|
METODE
MEMAHAMI SUMBER AJARAN ISLAM
a. Metodologi Ulumul Tafsir b. Metodologi Ulumul Hadits c. Metodologi Filsafat dan Teologi (Kalam) d. Metodologi Tasawwuf dan Mistis Islam e. Metodologi Kajian Fiqh dan Kaidah Ushuliyah f. Metodologi Pemikiran Modern g. Metodologi Pendidikan Islam h. Metodologi Tekstualitas dan Kontekstualitas i. Metodologi Muqaranah Madzhab |
11.
|
MODEL
PENELITIAN KEAGAMAAN
a. Arti Penelitian Agama b. Agama Sebagai Doktrin c. Agama Sebagai Produksi Budaya d. Agama Sebagai Produk Interaksi Sosial e. Penelitian Agama dan Penelitian Keagamaan f. Konstruksi Teori Penelitian Keagamaan g. Model-model Penelitian Keagamaan |
12.
|
ISLAM DAN
GAGASAN UNIVERSAL
a. Islam dan Globalisasi b. Modernisme dan Puritanisme Islam c. Gerakan Fundamentalisme dan Radikalisme Islam d. Islam: Eksklusif dan Inklusif e. Islamisasi Sains f. Pluralisme Agama-Agama |
13.
|
DINAMIKA
ISLAM KONTEMPORER
a. Post Modernisme dan Neomodernisme Islam b. Islam Liberal c. Islam Kultural dan Islam Struktural d. Postradisionalisme Islam |
Note:
e. UAS diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal. ......)
f. Rumus Nilai Akhir Semester (NAS) yang diterapkan dalam matkul ini adalah sebagai berikut:
Ket:
NAS : Nilai Akhir Semester.
NP : Nilai Presensi ( Kehadiran )
NRN1&2 : Nilai Rata-rata dari N1 dan N2
NUTS : Nilai Ujian Tengah Semester.
NTS : Nilai Tengah Smester.
NUAS : Nilai Ujian Akhir Semester.
# N1 bisa diperoleh dari tugas individu, kuis, pengamatan dosen thd keaktifan personal mhsw dalam setiap diskusi perkuliahan, kemampuan mahasiswa menjawab pertanyaan dari dosen atau dari rekannya, attitude mhsw, atau aspek lain.
# Sedangkan N2, bisa diperoleh dari tugas kelompok. Untuk mendapatkan suatu nilai minimal/standard yg sdh ditentukan, setidaknya semua anggota kelompok yang bertugas harus hadir pada jadwal presentasi. Nilai para anggota kelompok ini secara variatif bisa bertambah, berbeda satu dg yg lain ( kompetisi internal), tergantung dari proses diskusinya bagaimana ( format pengerjaan tugasnya, cara presentasinya, hidupnya suasana, dll). Jika ada anggota kelompok yang tidak hadir, maka N2 dari ybs secara otomatis adalah = 0 ( nol).
# Ketika seorang mahasiswa mohon izin tidak bisa hadir dalam perkuliahan( misal dengan mengirimkan pesan singkat kepada dosen), itu merupakan sikap atau attitude yang baik, walaupun mahasiswa sepenuhnya menyadari, bahwa hal demikian tetap tidak bisa mengubah suatu ketidakhadiran menjadi sebuah kehadiran.